Rahasia Pramugari

Wajah cantik, tebaran senyum dan sikap ramah adalah hal biasa yang kita lihat dari seorang pramugari. Tapi siapa kira ternyata di balik sikap manis ini, banyak hal yang dirahasikan pramugari dari penumpang. Mau tahu apa?

Penasaran dengan rahasia para pramugari, seorang jurnalis AS mewawancarai pensiunan pramugari yang telah bertugas selama 20 tahun. Dari Huffington Post yang diintip detikTravel, Rabu (2/1/2012), inilah 15 rahasia mendalam yang disimpan pramugari dari penumpang, hasil wawancara sang jurnalis:

1. Kopi yang disajikan rendah kafein

Tahukah Anda kalau kopi yang selama ini disajikan di dalam pesawat ternyata rendah kafein. Pramugari lebih senang kalau penumpang, duduk tenang dan tertidur. Dengan demikian, para pramugari bisa duduk santai tanpa merasa repot harus terus melayani penumpang.

2. Jahil dengan kata-kata

Ketika memeriksa pintu pesawat sebelum terbang, seringkali Anda mendengar kata-kata “arm doors dan cross check” dilontarkan pramugari. Namun, mungkin beberapa kali Anda malah mendengar “crotch check” atau “cek selangkangan”.

“Anda tidak salah dengar, kami kadang dengan konyol sengaja mengganti kata-kata itu, tapi itu hanya sesekali,” kata salah satu pramugari yang diwawancarai.

3. Bisa memindahkan kelas penumpang

Ketika pintu pesawat ditutup, pramugari sebenarnya bisa saja memindahkan seorang penumpang dari kelas ekonomi menjadi bisnis atau kelas satu.

“Tapi kami tidak melakukan itu dengan sering, karena kami harus membuat laporan kenapa melakukan hal itu,”.

4. Risih dengan penumpang yang membawa koran ke WC

Pramugari seringkali merasa risih jika melihat ada penumpang yang membawa koran atau laptop ke WC. Menurut mereka, koran dan laptop bisa membuat penumang lebih lama berada di WC. Juga membuat mereka berpikir bahwa laptop dan koran tersebut jadi kotor karena terkena bakteri.

5. “Tolong jangan tanya bagaimana pesawat bisa terbang”

Seringkali pramugari berhadapan dengan penumpang yang bertanya mengapa pesawat bisa terbang dan tidak bisa menjawab apa-apa.

“Kami sama tidak tahunya seperti Anda, karena bukan kami yang menerbangkan pesawat,”.

6. “Tolong jangan membungkuk di sini”

Dengan alasan takut mengalami penyumbatan darah karena kurang banyak bergerak, penumpang akan melakukan pemanasan seperti membungkuk. Sialnya, karena memiliki ruang paling lebar, mereka akan melakukannya di dapur atau tempat para pramugari berkumpul. Ini sangat mengganggu.

7. “Jangan meminta air tambahan dengan menggoyangkan es”

Ada berbagai macam penumpang yang dilayani pramugari, salah satunya adalah penumpang manja. Turis semacam ini biasanya akan menggoyangkan gelas berisi es untuk menambah minuman. Tapi mau tahu apa yang dipikirkan pramugari?

“Menggoyangkan es tidak akan membuat saya cepat datang untuk memberi air minum tambahan. Ini malah membuat kami ingin teriak,”.

8. Malas dengan pertanyaan yang membuang waktu

Saat pramugari datang menawarkan minuman, hindarilah pertanyaan “Adanya minuman apa?”. Menurut mereka, pertanyaan ini hanya membuang waktu.

9. Kesal dengan penumpang yang tidak tanggap

Pramugari sering merasa kesal hingga ingin mencabut headphone yang Anda kenakan, jika mereka bertanya tapi hanya dijawab “Ya,” sampai tiga kali. Bukan karena alasan, mereka ingin melakukan ini karena Anda mengenakan headphone, dan tidak melepas padahal tahu sedang ditanya.

10. Permintaan melepas sabuk pengaman

Setelah terjadi turbulensi, pramugari akan meminta pilot untuk membolehkan melepas sabuk pengaman.

“Ini dilakukan agar kami bisa melayani penumpang di lorong pesawat,”

11. Menunda memberikan makan pada penerbangan malam

“Pada penerbangan malam, kadang-kadang kami menunda dalam memberikan makanan. Ini dilakukan agar Anda bisa tertidur, jadi layanan yang kami berikan juga lebih sedikit,”

12. Pramugara bukan gay

“Semua pramugara bukanlah gay, meskipun dari luar mereka terlihat seperti itu,”

13. Kami akan melakukan pembalasan

“Kalau Anda melakukan hal yang tidak menyenangkan, kami bisa membalas kembali, bahkan lebih parah,”.

Itulah 13 rahasia yang disimpan pramugari dan tidak diungkapkan ke Anda. Tapi ini bukan berarti seluruh pramugari menyimpan hal yang sama.

source:detikTravel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s