Indonesia Terbaik di Carnaval Tropical de Paris 2009

Laporan dari Paris
RI Terbaik di Carnaval Tropical de Paris 2009
Eddi Santosa – detikNews

Paris – Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai partisipan terbaik di Carnaval Tropical de Paris 2009. Bahkan juri karnaval, terdiri dari para artis Perancis, juga memuji koreografi Indonesia.

Penghargaan terbaik untuk kategori mobil hias itu diumumkan pada Minggu (5/7/2009) kemarin. Indonesia melalui KBRI Paris menampilkan mobil hias bernuansa tradisional Bali dan koreografi berupa Tari Kecak dengan mengusung tema Unite dans la Diversite (Bhinneka Tunggal Ika).

Sepanjang jalur karnaval, iring-iringan kontingen Indonesia itu disambut dengan sangat antusias oleh penonton. Bahkan banyak penonton ikut-ikutan berkecak bersama, menirukan bunyi kecak kontingen Indonesia.

Secara khusus Wakil walikota Paris, Hamou Boakkaz, menyampaikan apresiasinya pada kontingen Indonesia, yang dinilainya jauh berbeda dari kontingen negara lain.

Kontingen lain mendatangkan penari dan artis dari negaranya, sebaliknya kontingen Indonesia merupakan perpaduan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Perancis, Staf KBRI, dan warga negara asing pecinta Indonesia di bawah bimbingan Nyoman Kariasi, dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Bali.

Ajang Promosi

Carnaval Tropical de Paris adalah salah satu carnaval terbesar dan even tahunan unggulan kota Paris, diselenggarakan oleh pemerintah kota Paris dan federasi Carnaval Tropical de Paris ile-de-France.

Tamu kehormatan tahun ini adalah Kolombia, Guadelopue dan Martinique, dengan lebih dari 2000 penari dan musisi.

Setiap tahunnya, karnaval yang telah memasuki edisi ke-8 ini memberikan berbagai penghargaan kepada kontingen-kontingen dengan penampilan terbaik.

Karnaval tahun ini menempuh rute dari Place des Nations sampai ke Porte de Pantins, yang dipenuhi oleh sekitar lima puluh ribu penonton dan disiarkan secara langsung di stasiun TV Perancis France O.

Menurut Sekretaris III Pensosbud Gustaf Sirait, KBRI Paris menjadikan karnaval ini sebagai agenda budaya tahunan yang selalu diikuti, karena merupakan ajang sangat bagus untuk memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata Indonesia melalui persembahan seni budaya, pembagian ribuan cenderamata dan brosur pariwisata Indonesia.

“Diharapkan partisipasi tersebut dapat terus meningkatkan promosi kebudayaan dan pariwisata Indonesia di Perancis,” demikian Gustaf.

Source : http://wilayahindonesia.blogdetik.com/?p=45

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s