5 Hal Bukti Otak Manusia Lebih Hebat Dari Komputer

 

Komputer merupakan perangkat cerdas yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Saking pintarnya, komputer mampu melakukan tugas yang lebih cepat dan akurat dibanding otak manusia. Adakah hal yang dapat dilakukan otak manusia dan lebih baik dari apa yang dilakukan komputer?

Perangkat komputasi sebelumnya dirancang untuk menghitung angka lebih cepat dari orang. Komputer makin hari makin berkembang dan dapat melakukan hal-hal yang rumit seperti membantu perhitungan untuk pembangunan gedung-gedung bertingkat dan bahkan mengukur kedalaman laut.
Komputer dapat menghitung miliaran operasi per detik dan mengakses petak besar informasi yang tersimpan dalam memori. Sebuah program komputer bahkan dapat mengalahkan para grand master pemain catur dan pemain poker dunia.Ternyata ada 5 hal yang dapat dilakukan oleh otak manusia yang lebih baik dari otak komputer, sebagai berikut:

1. Bermain Go atau catur Cina
Go adalah permainan semacam catur yang dimainkan pertama kali di Cina lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Papan Go ditandai dengan 19×19 petak dan dimainkan oleh dua orang yang masing-masing menjalankan batu berwarna hitam dan putih.

Pemain dapat menempatkan batu di mana saja pada papan Go dan masing-masing pemain harus berusaha memperluas wilayah kekuasaannya dengan membuat dominasi papan GO dengan batu warna putih atau hitam.

Ada ratusan taktik pada permainan ini yang dapat dilakukan untuk mengalahkan lawan. Permainan Go juga dapat dimainkan pada komputer dan Anda juga dapat melawan komputer. Tetapi dalam hal ini, otak komputer tidak mampu menyaingi otak manusia.

Manusia berusaha merancang program komputer untuk permainan Go yang mendekati atau meniru pola pikir otak manusia. Tapi ketika mesin-mesin dalam komputer telah mengambil alih permainan, otak manusia bekerja lebih baik dan mampu mematahkan langkah yang diambil oleh komputer.

2. Memecahkan teka-teki silang

Pada akhir tahun 90-an, Will Shortz, seorang master dan pembuat teka-teki silang pada harian New York Times menyatakan bahwa komputer tidak akan pernah mampu bersaing dengan manusia dalam memecahkan teka-teki silang.

Kemudian, Michael Littman seorang ilmuwan komputer dari Duke University menantang Shortz dengan merancang sebuah program komputer untuk memecahkan teka-teki silang dengan cepat. Program buatan Littman bahkan masuk dalam 1999 Annual American Crossword Puzzle Tournament.

Setelah diadu, ternyata program komputer tersebut tidak mampu mengalahkan kecepatan dan ketepatan otak manusia dalam menyelesaikan teka-teki silang. Komputer memecahkan teka-teki silang dengan memilah-milah petunjuk dari databasenya. Komputer tidak pernah diprogram untuk menangani jenis petunjuk yang berada di luar databasenya.

3. Bermain starcraft
Starcraft adalah permainan video real-time yang memerlukan strategi untuk mengalahkan musuh dalam permainan yang berupa pertempuran tersebut.. Manusia dapat bermain dalam mode single-player atau melawan komputer dan juga dapat bermain dengan sesama manusia lainnya.

Starcraft merupakan salah satu permainan yang menawarkan tantangan teknis untuk algoritma komputer karena kompleksitasnya. Ada hampir 100 unit strategi yang berbeda dan seorang pemain dapat memilih variasi permainan yang tak terhitung jumlahnya.

Pada tahun 2010, pemain starcraft ternama di Spanyol berhasil dikalahkan oleh Berkley Overmind, sebuah program komputer yang dikembangkan oleh mahasiswa fakultas ilmu komputer dari UC Berkeley.

Tetapi kecerdasan komputer buatan masih kalah jauh untuk mengalahkan kecerdasan otak manusia dalam melakukan permainan ini. Komputer mungkin dapat melampaui otak manusia jika dihadapkan pada kecepatan permainan, tetapi komputer tidak mampu melakukan keseluruhan strategi yang diperlukan untuk memecahkan permainan ini.

4. Menciptakan karya seni
Seni didefinisikan sebagai produk atau proses yang memiliki makna simbolis yang mempengaruhi satu atau lebih indera, emosi dan kecerdasan. Manusia telah menciptakan seni sekitar puluhan ribu tahun yang lalu.

Seniman pada masa purbakala telah mampu mengukir atau menggambarkan karyanya pada gua-gua atau kerang laut. Kini beberapa seniman menggunakan cat untuk melukis, menggunakan kayu untuk memahat, dan menggunakan tanah liat untuk menciptakan patung.

Komputer menyebut program seperti photoshop dan illustrator sebagai seni yang mengandalkan kode-kode tertentu seperti java untuk bekerja. Tapi seni pada komputer tidak benar-benar dibuat oleh komputer karena manusia memfasilitasi penciptaannya dengan kreativitasnya.

Otak manusia jauh lebih unggul dalam bidang seni dibanding otak komputer. Seni yang dihasilkan oleh komputer adalah salah satu yang sepenuhnya dikembangkan oleh kecerdasan buatan. Komputer tidak mampu menghasilkan karya yang mengandung unsur emosional seperti yang dapat diciptakan oleh otak manusia.

5. Penulisan
Seperti penciptaan seni, otak manusia lebih mendominasi kemampuan dalam hal penulisan dibanding hal yang dapat dilakukan oleh komputer. Meskipun komputer dilengkapi oleh program yang mampu mengoreksi kata-kata jika penggunanya melakukan kesalahan dalam hal penulisan, tetapi otak manusia memiliki fungsi penulisan yang jauh lebih baik.

 

Source :http://www.pulsk.com/139168/5-Hal-Bukti-Otak-Manusia-Lebih-Hebat-Dari-Komputer.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s